Sunday, January 17, 2021

Hai, udah setahun lebih ya ga nulis blog. Sebenernya udah jadi kebiasaan jarang nulis blog kayak gini. Kalau diperhatiin lagi, lima tahun terakhir gua cuma nulis blog setahun sekali. Tapi seenggaknya tiap tahun ada yang di-post, sedangkan tahun kemarin, 2020, nggak nulis blog sama sekali. Bukan karena nggak ada momen di tahun itu, jelas ada. Judul tulisan ini emang 2020, meskipun baru ditulis di tahun 2021, karena rasanya sayang kalau hal-hal unik yang dilalui selama tahun tersebut nggak diceritain.

Iya, unik. Nggak cuma bagi gua, rasanya seluruh warga dunia sudah melalui berbagai hal yang “luar biasa” di tahun 2020. Beda banget dari tahun-tahun sebelumnya. 2020 bikin gua sering merenung, “kok bisa ya, nggak pernah kebayang sebelumnya dunia bakal begini, dan itu menjadi bagian dari hidup gua”. 2020 menjadi masa-masa sulit bagi semua orang, meskipun gua nggak terlalu merasakan kesulitan yang berarti di sembilan bulan pertama karena akhirnya baru merasakan jatuh bangun 2020 di tiga bulan terakhir. Capek, bingung, pusing, minimal kesan itu yang dikeluarkan orang-orang di tahun tersebut. Walaupun begitu, ada pelajaran berharga yang gua dapet di tahun ini. Melihat berbagai suka duka yang orang lain alami selama tahun 2020, Alhamdulillah gua masih bisa merasakan nikmat yang Allah berikan seperti tetep sehat, bisa kuliah, ngumpul sama keluarga, dan sebagainya, meskipun dengan kondisi yang lebih sulit dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai mahasiswa yang menginjak semester 6 dan 7 tepat di tahun 2020, gua (dan teman-teman angkatan 2017 yang senasib juga) nggak dapet kesempatan untuk merasakan momen berharga yang bisa dirasakan kakak tingkat di tahun-tahun sebelumnya.

Dulu pas masih tingkat satu dan dua, gua penasaran dan nggak sabar ikut KKN di semester 6 karena ngeliat hectic-nya kakak tingkat yang satu kos sama gua lagi ngurus KKN. Ngeliat pada siap-siap pake jas almamater buat acara pelepasan, packing barang ke koper, heboh dan deg-degan sama hasil pengelompokkan KKN di web, bolak-balik kos-tempat KKN, dan yang lainnya. Saking nggak sabarnya sampe gua banyak liatin akun-akun Instagram kelompok KKN, liat dokumentasi kegiatannya, ngebayangin nanti pas udah KKN foto gua di-post di akun Instagram kelompok KKN gua wkwk. Terus juga kebetulan pas lagi trending cerita KKN Desa Penari dan sampe dibikin film, ngebayangin KKN gua nanti bakal ada cerita serem juga nggak ya terus mikir pengen nonton film-nya sambil lagi di tempat KKN biar lebih kerasa feel-nya. Gua juga sering nanya-nanya ke kakak tingkat gua di kosan, KKN itu gimana sih? Seru nggak? Nanti ngapain aja? Apa aja tips selama KKN? Kayaknya KKN itu seru banget dan katanya bakal jadi kenangan yang tak terlupakan. Dapet kenalan baru temen-temen jurusan lain yang sekelompok dan bakal kerja bareng-bareng sampe KKN selesai, tinggal di desa tempat KKN, jalanin program kerja dan berinteraksi sama warga di sana, sampe kakak tingkat pun cerita pengalaman horor sama temen sekelompoknya di sana, seru dengernya. Pengen cepet-cepet semester 6 rasanya.

PPL pun juga begitu. Meskipun nggak se-excited sama KKN, gua harus penasaran juga dan tahu tentang PPL karena merupakan mata kuliah di mana gua secara langsung akan mempraktekkan ilmu-ilmu yang udah didapetin dan dipelajari selama kuliah di jurusan kependidikan. Waktu itu gua udah tingkat tiga, gua mulai mikirin rencana buat sisa-sisa semester terakhir di kampus biar lancar dan dapet hasil yang memuaskan pas lulus nanti. Gua sempet kebingungan nyusun rencana topik penelitian skripsi pas ngontrak mata kuliah Metode Penelitian dan seminar proposal karena nggak kebayang masalah apa yang mau gua angkat buat topik penelitian gua, sedangkan gua belum pernah terjun ke lapangan. Gua nggak suka aja cuma nebak-nebak permasalahan yang belum pasti ada. Hal itu yang bikin gua pengen cepet-cepet PPL biar dapet masalah yang real pas ngajar di sekolah dan bisa melakukan penelitian skripsi di sekolah tempat PPL. Gua juga pengen menjadikan PPL sebagai momen pembuktian apakah gua nyaman dan cocok jadi guru, biar habis lulus nanti gua tahu pengen kerja jadi apa. Selain karena itu, sama kayak KKN. Ngeliat kakak tingkat sering nge-post aktivitas dan keseharian PPL di sosmed, kayaknya PPL seru juga dan bakal jadi pengalaman berharga. Ngerasain gimana rasanya jadi guru dan dihormatin sama murid-murid, ngehadapin tingkah laku siswa yang unik dan macem-macem, apalagi momen terharu pas selesai PPL dan perpisahan sama murid-murid. Katanya juga, ketemu murid-murid di kelas merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi guru.

Tapi pada akhirnya semua ekspetasi itu nggak sesuai dengan realita yang ada di tahun 2020. Seperti yang udah gua bilang sebelumnya, sembilan bulan pertama di tahun 2020 gua belum merasakan kesulitan yang berarti. Januari dan Februari masih adem ayem, meskipun pemberitaan di media udah rame dan bikin was-was. Akhir Maret, gua mulai meninggalkan Bandung untuk “libur panjang” alias “dirumahkan”. Enam bulan di rumah gua tetep kuliah online sambil nunggu pengumuman tentang KKN yang bakal beda dari biasanya. Sedih emang tahu kondisi bakal seperti ini, mana mungkin bisa KKN kayak kakak tingkat dulu. Ya udah, cuma bisa nerima realita yang ada. Gua dan temen-temen gua harus sabar nunggu kejelasan KKN yang lama banget nggak ada kabar (karena gua memutuskan untuk ikut KKN gelombang dua dengan berbagai pertimbangan), mungkin karena pihak kampus dari lembaga pengabdian sulit adaptasi dan mikir untuk nyesuain KKN dengan kondisi yang ada sekarang. Sampe enam bulan berlalu, udah mau ganti semester dan gua udah mulai balik lagi ke Bandung buat PPL, belum ada kabar juga. Kirain waktu KKN bakal pas pertengahan tahun kayak KKN normalnya, yaitu pas gua masih di rumah dan longgar. Ternyata dimundurin ke semester selanjutnya. Alhasil KKN pun nanti bakal berbarengan sama PPL. Gila sih ini pikir gua. KKN dan PPL itu aktivitas yang sama-sama padat, bakal dilaksanakan secara berbarengan? Dan hal inilah yang menjadi drama gua selama tiga bulan terakhir di 2020.

Akhir September, gua mulai PPL di sekolah. Tiap hari senin sampe jum’at gua ke sekolah yang sepi tanpa siswa, cuma ada guru-guru. Ngajar ke sekolah bukan ketemu dan berhadapan dengan murid, tapi berhadapan dengan layar kaca. Nggak bisa kenal sama murid-murid. Dapet kesempatan ngajar pun cuma sekali selama tiga bulan PPL karena jadwal kegiatan belajar siswa yang lebih sedikit di masa pembelajaran daring. Selain itu cuma bisa nyusun materi, share materi dan ngasih tugas latihan soal ke siswa. Itu pun nggak semua siswa ngerjain tugas, yang ngerjain pun beberapa siswa asal-asalan jawabannya. Maklum sih, mau nggak mau kendala pembelajaran daring emang begitu. Susah ngertinya, belum lagi masalah kuota dan sarana. Bener-bener bingung gimana caranya kegiatan PPL gua ini tetep maksimal dan berarti. Rasanya PPL ini kayak bukan PPL. Beda jauh dari bayangan gua setahun yang lalu. Gua pun nggak merasakan seutuhnya gimana rasanya jadi guru secara langsung. Paling pusing lagi pas ujian PPL, di mana gua mempraktekkan ngajar siswa. Susah banget mendorong siswa buat aktif karena suasana di Zoom Meeting tetep hening pas gua suruh ngomong. Apa yang udah direncanain di RPP pun nggak semuanya terlaksana. Selain itu gua dipusingkan juga dengan teknis pelaksanaan ujian yang cukup ribet dan butuh banyak perangkat, tetep harus ngajar di depan papan tulis meskipun pake Zoom Meeting. Banyak kendala teknis yang terjadi karena teknis ujian yang ribet tadi. Sedih jadinya, merasa nggak maksimal banget selama ujian PPL. Dan berbagai drama lainnya selama PPL yang sebaiknya nggak gua ceritain di sini.

Belum habis PPL, pengumuman KKN pun akhirnya keluar di akhir November. Mulailah gua harus multitasking dan “kerja rodi” bagai kuda, berusaha mencapai 120 jam KKN daring sendirian (bagaikan skripsi) sambil masih jalanin PPL. Di awal KKN, gua multitasking ikut sosialisasi KKN di Zoom HP sambil nge-host pembelajaran daring di Zoom laptop. Pernah juga ikutan sosialisasi KKN yang lainnya di Zoom HP sambil ngawas tes TOEIC di sekolah. Bingung, nggak konsentrasi ngedengerin penjelasan kegiatan KKN pas sosialisasi, akhirnya kurang ngerti sama kegiatan KKN. Di akhir November, multitasking lagi ngurus persiapan ujian PPL sambil ngurus perizinan kegiatan KKN di sekolah lain. Nyusun perangkat pembelajaran dan latihan ujian PPL sambil nggak tenang dan dilema kepikiran KKN mau di sekolah mana dan perizinannya gimana. Karena bertepatan sama persiapan ujian PPL itu juga, kegiatan KKN gua pun jadi terundur mulainya (baru bisa mulai melaksanakan kegiatan KKN pas akhir November) karena harus ujian PPL dulu. Selain karena ujian PPL, waktu KKN gua juga terkikis karena harus nyiapin dan nyusun laporan akhir PPL yang deadline-nya lebih awal dari timeline normalnya. Gua pun akhirnya baru bisa ngejalanin kegiatan KKN secara maksimal pas PPL udah selesai. Udah pertengahan bulan, waktu KKN yang tersisa tinggal sedikit lagi yaitu terakhir 30 Desember. Sedangkan jumlah jam KKN gua masih 20-an. Alhasil jadilah hampir tiap hari gua harus seharian penuh sampe malem kerja di depan laptop demi pencapaian 120 jam, istirahat cuma buat shalat, mandi, makan, dan tidur. Selama waktu-waktu terakhir KKN ini sering banget nge-gofood karena nggak sempet keluar beli makan. Pernah juga hampir nggak tidur sama sekali selama dua hari pas udah empat hari terakhir. Capek banget emang, mau istirahat sebentar tapi sayang waktunya, berusaha nahan ngantuk karena kerjaan belum selesai. Ditambah lagi drama alergi yang kambuh dan sedikit nggak enak badan yang membuat nggak bisa ngerjain KKN lama-lama dalam beberapa hari. Kegiatan KKN gua yang cuma bisa dijalanin kurang dari sebulan itu (karena banyak terkikis waktunya oleh aktivitas PPL) bener-bener nguras tenaga. Apalagi semua dikerjain sendiri, individu. Bukan berkelompok kayak KKN biasanya di waktu sebelumnya.

Tiga bulan terakhir di 2020 lebih banyak nangis dengan berbagai masalah dan kesulitan yang ada. Boro-boro bisa ngerasain apa yang dibayangin dulu. Jauh banget. Tapi setelah gua berpikir dan merenung, Allah tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya. Dulu gua sering takut dan berpikir, gimana caranya nanti harus menjaga batasan interaksi sama temen cowok yang sekelompok pas KKN, apalagi KKN biasanya tinggal satu rumah dan jadinya sering beraktivitas bareng. Gua takut reaksi temen-temen sekelompok KKN gua nanti terhadap prinsip yang gua pegang yang membuat gua paling beda dari yang lain dan banyak “pantangan”-nya. Gimana nanti kalo gua sendirian dan nggak ada temen yang satu pemikiran dan satu prinsip dengan gua yang bisa saling nguatin. Gua akhirnya baru nyadar, ketakutan gua dulu pun terjawab dengan KKN gua di 2020. KKN bisa di kosan dan sendirian, nggak serumah dengan temen sekelompok dan menghadapi pantangan yang ada. Emang sih nggak enaknya gua jadi nggak bisa tahu rasanya KKN bareng-bareng sama banyak temen dan berinteraksi langsung dengan warga desa karena cuma duduk di depan laptop, tapi gua tetep berusaha berpikir positif. Mungkin rencana yang Allah kasih udah yang terbaik dibandingkan seandainya gua KKN normal kayak tahun sebelumnya.

Apalagi mikirin PPL, gua paling takut dan bener-bener takut. Gua bukan orang yang pede dan lancar tampil di depan umum, gimana nanti kalo ngajar di depan murid pas PPL? Takut penampilan ngajar gua jelek dan reaksi siswa yang kurang baik dan nggak respect karena kekurangan gua. Takut nggak bisa ngendaliin perilaku siswa, apalagi gua sebagai jurusan komputer yang pasti harus ngajar anak SMK yang katanya nggak gampang buat ngatur mereka. Sampe denger ada kakak tingkat yang nangis pas PPL karena muridnya, gua semakin takut. Dan akhirnya sama kayak KKN, ketakutan besar gua tersebut pun terjawab dengan PPL yang gua jalanin di 2020. Beneran akhirnya gua nggak harus berhadapan langsung dengan siswa, cuma duduk manis depan laptop sambil ngejelasin materi ke siswa di Zoom, itu pun jarang dan nggak ngajar setiap hari atau sering kayak sekolah luring. Seenggaknya tampil secara online lebih nyantai dan nggak semenakutkan tampil secara langsung. Jujur aja, kalau untuk PPL ini gua ada rasa bersyukur pas sekolah masih harus daring karena seperti yang udah dijelasin tadi, gua nggak perlu tampil ngajar secara langsung wkwk. Jadi nggak sesedih KKN sebenernya. Tapi tetep aja ada sedikit rasa sedih karena momen PPL yang kurang kerasa. Nggak tahu gimana rasanya sekolah rame dan ketemu murid, suasana ngajar di kelas, dan karena berbagai kendala pembelajaran daring yang gua rasain sebagai pengajar. Pada akhirnya selalu ada sisi enak dan nggak enak dari yang gua rasain di PPL ini. Sama kayak KKN, rencana yang Allah kasih mungkin emang udah yang terbaik bagi gua.

2020 emang “istimewa” ya bagi semua orang, sampe nanti mungkin kita bisa ceritain ke anak cucu kita nanti kalo kita pernah hebat dengan melalui hal yang luar biasa di 2020. Nggak cukup 2020 aja, bahkan sampai 2021 sekarang pun kondisi masih sama. Gua pulang lagi setelah tiga bulan di Bandung dan akan jalanin hari-hari bersama skripsi di rumah sebagai tugas kuliah yang terakhir. Ke-hectic-an yang baru setelah rampung KKN dan PPL. Entah tantangan apa lagi selanjutnya yang bakal gua hadapin dengan skripsian di rumah. Entah gimana juga wisuda gua nanti, apakah masih cuma bisa pake toga di depan laptop atau nggak. Tiga bulan terakhir di 2020 udah ngajarin gua untuk selalu mengambil sisi baik dari apa-apa yang tidak sesuai dengan harapan. Teruntuk 2020, terimakasih atas segala pelajaran berharga yang sudah didapatkan selama ini.

Notes By Me . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates