Friday, September 21, 2018

Yang namanya maba itu pasti sering dapet pertanyaan dari kating atau nggak dosen begini, “kamu keterima disini pilihan keberapa?” jawabannya macem-macem, ada yang pertama, kedua, ketiga, dan kesekian. Tapi gua ngerasa yang bisa jawab itu pilihan keberapa tuh cuma mereka yang masuk lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Ya iya kan ya? Kan cuma dua jalur itu yang umumnya ada tiga tingkatan pilihan wkwk… tapi kalo jalur mandiri ada juga sih, tapi bagi gua sih pertanyaan itu lebih familiar ke yang kedua jalur itu. Oleh karena itu alhasil gua pun bingung ketika ada yang nanya “kamu milih disini pilihan ke berapa?” karena gua adalah salah satu dari sekian banyak pejuang UM (Ujian Mandiri). Walaupun kalo diliat dari pilihan jurusan gua di ujian mandiri termasuk pilihan pertama, tapi gua ngerasa ini itu pilihan pertama gua sekaligus pilihan gua yang udah kesekian-sekian (ga sampe pilihan terakhir kok wkwk…).
Kenapa bisa sekaligus pilihan pertama dan pilihan kesekian? Oke disini gua sekalian aja ya cerita kegagalan gua berkali-kali untuk bisa sampai jadi mahasiswa di kampus gua. Awalnya mungkin bagi kalian yang udah baca tulisan blog gua sebelumnya yang judulnya “I’m Art Lover” gua nargetin jurusan DKV di FSRD ITB atau Telkom University. Tapi itu dulu banget… pas masih kelas 10, udah beda banget sama yang ditargetin pas udah kelas 12. Ya namanya juga anak kelas 12… pada labil nentuin jurusan kuliah. Kenapa gua berubah pikiran? Karena gua pun baru nyadar kalo DKV kan dari rumpun soshum, terus juga ada tes keterampilan, dan kalo gitu selain les persiapan SBMPTN gua harus ditambah belajar IPS dari nol lagi (karena gua jurusan IPA di SMA) dan ditambah les menggambar, kebayangkan gimana itu padetnya, apalagi gua di boarding school yang ada kegiatan lagi diluar sekolah, bukan anak sekolah yang pulang pergi tinggal di rumah. Selain tentang seni, gua sebenernya dari dulu tertarik sama hal-hal yang berbau teknologi, pas liat-liat daftar jurusan kuliah gua pun tertarik dengan jurusan IT, yaitu Ilmu Komputer, dan gua pun tertarik dan nargetin untuk dapetin di IPB, PTN satu-satunya yang ada di kotanya kabupaten tempat gua tinggal, jadinya kan bisa pulang pergi kalo kuliah. Sejak saat itu Ilmu Komputer IPB bener-bener jadi mimpi terbesar gua dari sekian pilihan gua. Tapi ya gimana lagi, karena yang namanya masuk PTN itu susah, hasil pun berkata lain.
SNMPTN, gua milih pilihan pertama Ilmu Komputer UPI dan kedua Pendidikan Bahasa Arab UPI. Kok nggak ada Ilmu Komputer IPB? Karena gua ngerasa buat SNMPTN jangan milih yang tinggi banget dulu karena takut susah keterima. Eh tapi akhirnya pas pengumuman sama aja nggak keterima wkwk… yaudah lah ya, gua nggak terlalu sedih banget karena emang yang keterima SNMPTN di angkatan gua cuma segelintir aja. SBMPTN gua milih pilihan pertama Ilmu Komputer IPB, kedua Teknik Informatika Unpad, dan ketiga Statistika IPB. Aneh sih emang pilihan ketiga itu jurusan yang susah padahal. Tapi biarin lah. Dan hasilnya pun gagal lagi… barulah pas itu gua sedih banget dan stress karena harus tambah belajar lagi buat ujian mandiri. Setelah itu karena bener-bener udah kesempatan terakhir, seperti anak-anak yang gagal SBMPTN gua pun mencoba banyak ujian mandiri. Gua ikutin UTMI IPB dengan pilihan masih Ilmu Komputer dan yang kedua Meteorologi karena masih berharap gua nyantol disitu, tapi apa daya gua gagal lagi. Mimpi besar gua pun gagal tercapai. Tapi saat itu gua udah nggak terlalu sedih lagi karena pas ujian mandiri ini gua mikirnya yang penting keterima di PTN. Selain UTMI gua juga ikut UM-nya UNS dengan pilihan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dan juga Matematika dan Statistika Undip. Dan hasilnya… gua gagal lagi. Selain itu sebenernya gua udah coba daftar SPAN-PTKIN UIN Jakarta dan UM UIN Bandung. Tapi gagal juga.. bukan karena nggak lulus, tapi lebih nyakitin lagi. Kalau yang UIN jadi gua udah isi form di web SPAN-PTKIN tapi astaghfirullah bangetnya gua lupa buat kill finalisasi sampe tanggal yang ditentuin udah lewat. Gua bener-bener ngerasa ceroboh banget dan nyesel. Dan yang UIN Bandung ada error pas gua daftar form ujian mandiri di web-nya, terus udah coba ngehubungin CP tapi nggak ada respon. Alhasil gagal-lah juga… .
Sampai akhirnya… gua kasih tahu dulu kalau sebenernya pas liat di pengumuman gua gagal lulus di UM Undip gua nggak sedih sama sekali, kenapa? Karena pengumuman di Undip lebih lambat dari pengumuman SM (Seleksi Mandiri) UPI, dan itu berarti sebelumnya gua udah keterima di UPI Pendidikan Ilmu Komputer! Nggak nyangka? Banget… karena gua sebelumnya udah pesimis karena di UNS aja nggak keterima apalagi di UPI (gua nganggepnya UPI lebih tinggi dari UNS) tapi bi idznillah gua ternyata lulus… padahal seleksi mandiri UPI itu cuma pake nilai SBMPTN dan gua ngerasa hasil SBMPTN-nya pas-pasan. Yah mungkin inilah yang namanya nashrullah setelah terbiasa dengan tulisan “mohon maaf” di pengumuman.
Tapi setelah itu nggak mulus-mulus aja, gua pun mulai diliputi kebimbangan. Kalo di UPI berarti entar harus bisa ngajar dong? Sekalian belajar jadi guru dong? Aduh gimana ini mah susah banget belajar buat diri sendiri sama belajar buat mahamin siswa. Tantangan yang lain itu gua harus kuat berkutat dengan MTK, karena ilmu komputer itu emang mengandung matematika. Gua takut nilai gua jelek karena pengalaman kesusahan MTK di SMA. Selain kedua alasan itu ternyata pas buka web-nya baru tahu kalo bayaran uang pangkal mandirinya bener-bener ga murah banget, ortu gua juga ngerasa mahal banget. Gua bener-bener bingung dan stress bahkan sampe nangis setiap malem, nggak nafsu makan. Sampe berandai-andai coba kalo dulu gua nggak ceroboh pas daftar SPAN-PTKIN. Tapi akhirnya ortu gua pun mau bayarin kuliah gua kalau ini emang demi masa depan dan pendidikan anaknya, sumpah gua terharu banget :”) sampe ketika gua masih ragu jadi ngambil apa nggak karena alasan MTK dan keguruan tadi, ortu gua motivasiin gua dan bilang jangan takut karena kuliah mah diajarin dari nol. Finally setelah gua konsul dan nanya-nanya sama salah satu kating di Pendidikan Ilmu Komputer UPI yang kebetulan merupakan alumni SMP di Yayasan sekolah SMA gua, gua pun meyakinkan diri untuk ngambil satu-satunya kampus yang nerima gua ini.
Gua sempet chat sama temen SMA gua pas temen gua itu ngebales snapgram gua lagi registrasi di UPI. Temen gua itu udah keterima di IPB lewat jalur SBMPTN, tapi dia bilang kalo dia malah pengen di UPI. Wah kita kebalik ternyata wkwk… :”)) tapi ya gimana lagi, Allah lebih tahu mana pilihan yang terbaik buat kita. Dan pas udah masuk kuliah dan lagi jaman-jamannya ospek baik itu ospek besar se-kampus atau ospek jurusan, gua liatin juga snapgramnya ospek anak-anak IPB. Kok gua sedih gitu ya, kayak seru banget jadi anak IPB, anak IPB kok keren-keren sih… organisasinya banyak, temen satu SMA-nya juga banyak banget (alumni-alumni sekolah gua emang udah jadi kebiasaan pada bersarang di IPB wkwk) pokoknya gua masih iri dan masih kepengen sama IPB, mengkhayal kalo seandainya gua berhasil masuk IPB. Dan inilah alasan kenapa jurusan gua saat ini bisa dibilang pilihan pertama sekaligus pilihan kesekian.
Pilihan pertama, karena kalo ditanya dari segi jurusan mah emang Ilmu Komputer itu pilihan pertama gua dari pilihan-pilihan jurusan gua yang lain yaitu Teknik Informatika, Statistika, Arsitektur, Bahasa Arab dsb. Pilihan kesekian, karena dari segi kampusnya emang gua nggak kebayang bakal kuliah di UPI, nggak sama sekali. Nggak masuk kampus pilihan besar gua yaitu IPB dan Unpad. Bisa dibilang gua milih UPI ya kerena coba-coba wkwk. Begitu yang gua tulis alasan masuk UPI di buku ospek dulu. Tapi ternyata nggak cuma gua doang yang begini… dua temen gua di kelas ada yang sama kayak gua, mereka juga awalnya pengen IPB tapi akhirnya kesampeannya di UPI, kating gua dan temen gua yang satu lagi malah sama banget. Pengennya Ilmu Komputer IPB tapi keterimanya Pendidikan Ilmu Komputer UPI. Ternyata mereka senasib, I’m not the only one.
Tapi nggak mungkin gua bakal maju kalo sedih, nyesel dan terus berandai-andai kayak gitu, gua pun belajar untuk bersyukur dan bisa melihat kebawah, masih mending gua harusnya bersyukur bisa keterima di PTN, orang-orang lain bahkan ada yang mutusin buat gap year atau akhirnya PTS (dengan catatan : kesuksesan dan kekerenan seseorang nggak dinilai dari dia mahasiswa PTN/PTS ya mentemen… gua cuma bahas dari sisi banyaknya siswa yang selalu memimpikan masuk PTN) dan juga gua mulai sadar banyak keuntungan yang emang cocok sama diri gua ketika keterima di kampus ini, dan juga kekurangan yang malah bikin gua kesusahan ketika seandainya gua keterima di kampus yang paling gua impikan dulu. Inilah kenapa bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Dan juga seenggaknya jurusan gua sesuai sama impian gua, nggak seperti beberapa orang yang maksain milih jurusan yang nggak diminatin demi beberapa hal.
Ya begitulah cerita gua belajar bersyukur ketika resmi jadi mahasiswa UPI plus cerita kegagalan gua dalam beberapa ujian masuk PTN. Semoga yang baca ini bisa jadi penyemangat dan belajar menjadi orang yang bersyukur, gua nulis ini nggak cuma buat nasihatin orang lain, tapi gua nulis ini pun sekaligus mengingatkan dan nyemangatin diri gua sendiri. Semoga bermanfaat 😊

Notes By Me . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates